//

Monday, February 28, 2011

Cara Mengesan Bau Mulut

Tip-tip untuk semua

Bau mulut memang sangat mengganggu, tetapi tak setiap orang menyadari ia memiliki masalah dengan bau mulutnya. Sebab otak manusia menyesuaikan diri dengan bau tubuhnya. Sebelum ditegur orang lain karena bau tak sedap itu, kita boleh mendiagnosa diri, apakah kita punya masalah dengan bau mulut.

Pertama cek warna lidah. Warna lidah yang merah jambu dan berkilat menunjukkan nafas yang sehat. Sedangkan lidah berwarna putih dan bersisik menunjukkan nafas yang ada bau.

Cara lainnya, biasanya kita mencium bau mulut kita dengan mengatupkan kedua belah tangan di depan mulut, lalu mencium bau yang keluar dari mulut. Namun, ternyata itu bukan cara yang tepat. Doktor Harold Katz seperti dikutip majalah Time menyarankan agar kita menjilat belakang tangan, lalu diamkan beberapa minit hingga kering, lalu cium baunya. Setelah kita mengetahui ada bau mulut, berikutnya kita dapat melakukan beberapa cara untuk mengatasinya.

Paling penting adalah jangan sampai mulut kita kering, karena mulut kering menjadi tempat subur bagi bakteria. Air liur yang mengandungi oksigen boleh menjadi senjata ampuh pembunuh bakteria. Bakteria tidak boleh hidup dengan adanya oksigen. Jadi banyak minum atau mengunyah gula-gula boleh membawa produksi air liur dan menghilangkan bau mulut.

Makan gula-gula atau menggunakan cairan pencuci mulut sebenarnya boleh menjadi salah satu alternatif untuk menghilangkan bau mulut. Namun, cara itu tidak mampu bertahan lama. Cara lain yang lebih efektif adalah dengan memperhatikan suapan makanan. Beberapa jenis makanan boleh membawa kepada bau mulut, sebaiknya hindari jenis makanan seperti petai, jering, durian, bawang putih,makanan berkari dan lain-lain yg kuat baunya. Sedangkan minuman yang sebaiknya dihindari adalah bir, wine, kopi, dan soda.

Semua jenis makanan dan minuman itu mengandung bau tak sedap yang akan diserap ke aliran darah. Coklat dan gula-gula juga perlu dihindari, karena gula-gula mendorong bakteria tumbuh di dalam mulut. Ada makanan yang boleh membantu menyembuhkan bau mulut. Antara lain teh hijau karena memiliki kandungan anti bakteria yang dapat menghilangkan bau. Selain itu, kayu manis, bunga cengkih juga bagus karena mengandung minyak essensial yang boleh membunuh berbagai jenis bakteri oral.

Buah dan sayur kering seperti seleri atau apel juga boleh menjadi pilihan makanan yang dapat hilangkan bau mulut.Sesetengah orang ada yg mengunyah beras (yang belum di masak)selama 1-2 minit dan lepas itu buang lalu berkumur-kumur untuk hilangkan bau mulut. Ini petua tok nenek kita zaman dulu untuk hilangkan bau petai atau jering.

Tip-tip untuk semua

No comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails

Protected by Copyscape Web Plagiarism Software