//

Friday, April 16, 2010

Aroma perfume Lebih Berbahaya dari Asap Rokok!!

Tip-tip untuk semua

Natural Perfumes: Simple Aromatherapy RecipesSeperti yang kita ketahui, dan mungkin banyak dari juragan semua yang menyukai aroma perfume yang biasanya untuk menyegarkan wangi dari pakaian yang kita gunakan, ternyata aroma dari perfume itu berbahaya gan! Terdapat 500 lebih bahan kimia yang bisa meracuni tubuh menjadi bahan dasar perfume.

Saat ini, sejumlah kantor, klub kesehatan, studio yoga, dan tempat umum dibuat peraturan harus bebas wewangian. Tidak hanya asap rokok, ternyata tempat-tempat ini juga melarang orang yang masuk memakai perfume dan wewangian lainnya. Pasalnya, dari hasil penelitian, perfume pun dapat menciptakan polusi udara, atau populer dikenal sebagai 'polusi perfume'!!!!

Dari hasil penelitian tersebut, tidak sedikit orang yang menderita asma, gangguan pernafasan lainnya, penyakit lingkungan, atau kelelahan berlebihan yang disebabkan terpapar wewangian perfume yang bertahan di udara meski telah lama disemburkan.

Riset menurut ahli gizi holistik dan naturopati, Michelle Schoffro Cook; mengatakan terdapat 500 lebih bahan kimia berbahaya yang menjadi bahan asas pembuatan wewangian di perfume. Kebanyakan berasal dari bahan kimia sintetis yang diperoleh dari bahan petrokimia, dan telah terbukti mengandungi neurotoxin (racun yang bisa merusak pembuluh darah atau saraf otak). Dan, terdapat juga kandungan karsinogen (bahan yang dianggap sebagai penyebab kanser).

Penelitian ini amat mengejutkan. Bagaimana tidak? Hampir semua wanita, bahkan lelaki mengenakan perfume. Siapa sangka, banyak bahan kimia yang terkandung dalam perfume atau wewangian lain yang tak kalah berbahaya dibandingkan bahaya asap rokok.

Jika Anda bisa mencium aroma perfume, itu karena bahan molekul sintesis yang beracun dari perfume masuk melalui saluran pernapasan, yang langsung memberikan jalan menuju otak. Yang juga merbahaya, meskipun tidak mencium aromanya, Anda tetap menghirup bahan kimia dari paparan perfume.

Karena itu, otak atau organ tubuh paling vital ini bisa terganggu akibat aroma perfume ini. Sebenarnya, otak dilindungi oleh mekanisme yang tak bisa ditembus zat berbahaya. Sayangnya, hal ini tidak sepenuhnya boleh melindungi otak. Penelitian baru-baru ini menunjukkan system ini dapat membiarkan sejumlah racun lingkungan, termasuk yang terkandung dalam perfume yang dapat masuk ke otak.

Dan, jika sudah masuk ke dalam otak, beberapa racun baru bisa dihilangkan dalam waktu lama dan dengan pengobatan intensif. Kerusakan otak bisa berupa peradangan dan munculnya plak otak. Keduanya merupakan gangguan paling berbahaya pada otak.

Beberapa bahan kimia yang biasa terkandung dalam perfume:

Antara lain ethanol, benzaldehyde, benzyl acetate, a-pinene, acetone, benzyl alcohol, ethyl acetate, linalool, a-terpinene, methylene chloride, a-terpineol, camphor, dan limonene. Memang, sebagian dari bahan ini memang tidak berbahaya bagi tubuh. Tapi, sebagian lagi bisa menyebabkan otot tubuh tegang, lebih mudah marah, asma, sakit persendian, kelelahan, tenggorokan gatal, sakit kepala, batuk, dan iritasi kulit.

Jadi, aroma perfume atau wewangian tubuh lainnya yang dianggap boleh membuat pemakainya lebih atraktif, ternyata juga boleh mengganggu kesehatan. Setidaknya, untuk menyeimbangkan racun yang masuk ke dalam tubuh,sebaiknya anda lindungi tubuh dengan asupan makanan yang mengandung antioksidan tinggi, seperti buah-buahan dan sayuran.

Sumber:
VIVAnews
"Dari itu, hati-hati dalam penggunaan perfume. Jangan terlalu banyak menggunakannya, kerana ternyata aroma dari perfume tidak baik untuk kesehatan"

"Ayoh...mulakan hidup yang sehat dari sekarang!"

Homemade Wangian

** Daun pandan dan bunga melur memang wangi. Kalau saya masuk taxi yang gunakan daun pandan sebagai pewangi, rasa cukup selesa. Kalau mereka guna pewangi kimia seperti Ambi Pur dan sebagainya, rasa sangat melemaskan.

** Asapkan rumah seminggu sekali ok jugak dgn Kayu Gaharu atau Setanggi Ros.

** Pewangi rumah berasaskan barang dapur pula seperti berikut:
1. Semangkuk besar air suam
2. Sebiji lemon kuning perahkan ke dalam mangkuk tadi dengan kulit
3. Sebutir cengkeh masukkan ke dalam mangkuk sama
4. Potongan serai wangi atau serai biasa masukkan ke dalam mangkuk sama

- Biarkan air suam tadi jadi sejuk selama 2 jam.
- Masukkan ke dalam botol spray air.
- Spray lantai dan dinding kecuali perabot dan alat letrik.
- masuk dalam botol dan simpan peti sejuk. Boleh guna 2 hari saja.

Selain daripada mewangi rumah, ia juga akan menghalau nyamuk dan membunuh kuman.

Yang tersimpan dalam botol tu boleh dicampurkan ke dalam sebaldi air dan dijadikan air bilasan terakhir mandi pagi dan petang. Pewangi badan natural.

Tip-tip untuk semua

No comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails

Protected by Copyscape Web Plagiarism Software